Teras adalah ruang yang sering kali dianggap sebagai perpanjangan dari rumah utama. Di sinilah kita bisa menikmati udara segar, bersantai setelah seharian beraktivitas, atau berkumpul bersama keluarga dan teman. Mengatur furniture di teras dengan tepat dapat meningkatkan kenyamanan dan keindahan area ini. Berikut ini beberapa tips dari Asia Furniture untuk mengatur furniture di teras agar tercipta kenyamanan maksimal.

1. Pilih Furniture yang Tepat

Material yang Tahan Cuaca
Karena teras berada di luar ruangan, pilihlah furniture yang terbuat dari material tahan cuaca seperti rotan sintetis, aluminium, atau kayu jati. Material-material ini tidak hanya tahan lama, tetapi juga mudah dirawat dan tetap tampil menawan meski terkena panas dan hujan.

Ukuran yang Sesuai
Pastikan ukuran furniture sesuai dengan luas teras Anda. Furniture yang terlalu besar akan membuat teras terasa sempit, sementara furniture yang terlalu kecil bisa mengurangi kenyamanan. Ukur area teras sebelum membeli furniture dan sesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas yang akan dilakukan di sana.

2. Atur Tata Letak dengan Baik

Fokus pada Titik Utama
Tentukan titik fokus utama di teras Anda, seperti meja kopi atau kursi malas. Atur furniture lainnya mengelilingi titik fokus ini untuk menciptakan tata letak yang harmonis dan teratur.

Pertimbangkan Aliran Lalu Lintas
Pastikan ada cukup ruang untuk bergerak di antara furniture. Hindari penataan yang menghalangi jalur masuk atau keluar teras. Jalur yang bebas hambatan akan membuat teras terasa lebih luas dan nyaman.

3. Tambahkan Sentuhan Dekoratif

Tanaman Hias
Tanaman hias bisa menjadi elemen dekoratif yang menyegarkan suasana teras. Pilih tanaman yang cocok untuk ditanam di luar ruangan dan tata dalam pot-pot cantik di sudut-sudut teras atau di atas meja.

Karpet dan Bantal
Tambahkan karpet outdoor untuk memberikan kesan hangat dan nyaman. Pilih warna dan motif yang sesuai dengan tema teras Anda. Bantal-bantal dengan warna cerah atau motif menarik juga bisa menjadi aksen yang mempercantik tampilan furniture.

4. Pertimbangkan Pencahayaan

Lampu Hias
Pencahayaan yang baik dapat menciptakan suasana yang nyaman di malam hari. Gunakan lampu hias seperti string lights, lampu gantung, atau lampu dinding untuk memberikan cahaya yang lembut dan menenangkan.

Lilin atau Lentera
Untuk suasana yang lebih romantis, Anda bisa menambahkan lilin atau lentera. Pilih lilin dengan aroma terapi untuk menambah kesan relaksasi di teras Anda.

5. Pastikan Kenyamanan

Kursi dengan Bantalan Empuk
Pilih kursi atau sofa dengan bantalan yang empuk agar nyaman digunakan dalam waktu lama. Perhatikan juga tinggi meja dan kursi agar sesuai dengan postur tubuh saat duduk.

Payung atau Atap Teras
Jika teras Anda terkena sinar matahari langsung, pertimbangkan untuk menambahkan payung atau atap teras. Ini tidak hanya melindungi dari sinar matahari, tetapi juga dari hujan, sehingga Anda bisa tetap menikmati teras dalam berbagai kondisi cuaca.

6. Pemeliharaan Rutin

Agar furniture teras tetap awet dan nyaman digunakan, lakukan pemeliharaan rutin. Bersihkan furniture secara berkala dari debu dan kotoran, serta cek kondisi material secara berkala untuk memastikan tidak ada kerusakan yang bisa mengurangi kenyamanan.

Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat mengatur furniture di teras agar tercipta kenyamanan maksimal. Selamat mencoba dan nikmati waktu santai Anda di teras yang nyaman dan indah bersama Asia Furniture!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *